... perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am: 99)

Rabu, 14 Oktober 2015

SMS Server

Dahulu saya pernah dikenalkan dengan aplikasi SMS gateway. Namun saya hanya dikenalkan sebatas pada antar mukanya saja, tidak sampai pada hardware dan konfigurasinya. SMS gateway biasanya digunakan dalam penanganan keluhan oleh institusi.
Malam ini saya dikenalkan dengan aplikasi SMS jenis lain, yaitu SMS Server. SMS Server kali ini dipakai oleh SMP Islam Durenan untuk absensi (presensi:red) siswa. Ketika siswa absen maka sms akan masuk di handphone orang tua atau wali siswa. SMS berisi mengabarkan bahwa anaknya sudah sampai disekolah. Menurut Mas Mahfud, kira-kira berisi pesan singkat "Selamat anak Anda sudah sampai disekolah". Terus saya tertarik untuk bertanya lebih lanjut.
"Berarti kalau operator yang dipakai oleh orang tua ndak sama berarti mahal dong?"
"Kalau mau murah berarti kudu banyak nomor dong"
Ternyata benar terdapat beberapa perangkat server yang mewakili nomor setiap operator. Jadi agak murah. Cuma apakah dipaketkan SMS biar murah saya dan mas Mahfud kurang tahu.

Artikel Terakhir