... perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am: 99)

Selasa, 26 Agustus 2014

Mengetahui Remote Control TV yang Rusak atau yang Masih Berfungsi

Anda punya TV? dvd plater?
Sepertinya perangkat elektronik tersebut sudah tidak layak dikategorikan barang kebutuhan tersier, karena hampir semua rumah punya.

Pakai remote control tidak? Hari gini gak pake?
Remote control atau biasa disebut remote saja, merupakan alat pelengkap perangkat elektronik lain. Fungsinya supaya perangkat itu bisa dikendalikan dari jarak jauh. Alat itu menggunakan gelombang inframerah yang dipancarkan oleh lampu diode yang ada di ujung remote.
Lampu diode itu dalam bahasa Inggrisnya disebut Light Emiting Dioda (LED) merupakan diode yang bisa memancarkan cahaya. Cahaya dari LED akan diterima sensor yang tertanam dalam perangkat elektronik yang dikendalikan.
Gelombang inframerah merupakan jenis cahaya namun tidak dapat dilihat dengan mata manusia. Mata manusia hanya bisa mengenali warna dengan rentang merah sampai ungu.

Lalu bagaimana kita tahu bahwa remote yang kita punya rusak atau masih bisa dipakai? Ada trik sederhana untuk bisa mengetahuinya. Siapkan handphone berkamera Anda. Jangan lupa, Pastikan remote Anda terisi baterai yang berfungsi dengan baik dan terisi daya. Kemudian intip lampu diode
remote Anda dengan aplikasi kamera yang ada di handphone. Saat mengintip tekan sembarang tombol pada remote. Nah... kalau lampu diode berkedip-kedip itu tandanya remote Anda masih berfungsi.
Selamat mencoba....

Artikel Terakhir