... perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am: 99)

Kamis, 05 Maret 2015

Sifat Manusia?

Tadi malam saya sempatkan melihat sepintas melihat sinetron TNBH. Seperti biasa ada informasi yang disisipkan dalam sinetron tersebut. Kali ini yang disisipkan adalah informasi tentang sifat manusia. Dalam cerita dijelaskan bahwa ciri manusia ada yang bersifat genotipe dan fenotipe. Genotipe dan fenotipe dalam dialog dengan pengejaan "genotipe" dan "fenotipe" (bunyi e diakhir kata terdengar). Maklum saja karena pemerannya awam dalam bidang itu dan juga sudah uzur.
Dalam cerita disebutkan bahwa genotipe merupakan sifat manusia yang berasal dari lahir. Sedangkan fenotipe merupakan sifat manusia yang berasal dari pengaruh lingkungan, termasuk juga kehidupan sosial pertemanan. Agak berbeda dengan yang saya ketahui bahwa genotipe merupakan ciri-ciri yang berasal dari gen atau DNA. Sedangkan gen atau DNA tersebut diterima dari ayah ibu saat proses pembuahan. Sedangkan fenotipe merupakan ciri yang berasal dari lingkungan, termasuk lingkungan fisik. Itu sebabnya kenapa kembar identik pun bisa punya wajah tidak identik. Sebaliknya orang yang tidak punya hubungan kekerabatan yang dekat tapi bisa mirip. 

Artikel Terakhir