... perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am: 99)

Rabu, 26 November 2014

Inflasi??

Gema BBM naik memang sudah lewat. Namun trending topik di tempat saya bergeser ke tema inflasi. Setiap ada pembelian sesuatu seperti makanan pasti yang saya tanyakan "berapa inflasinya?"
Ya begitulah... Meskipun beras merupakan bahan pokok dan menjadi raw matherial bagi industri lain namun beras dalam masa produksinya memerlukan modal lain seperti pupuk, biaya pengairan, bahan bakar dan lain-lain. Meskipun petani banyak mendapat banyak kompensasi pengaman sosial namun tetap saja inflasi tidak terhindarkan. Padi memerlukan modal lain yang harganya naik, akhirnya petani menaikkan harga. Pedagang menaikkan harga. Makanan yang dijual oleh pedagang dimakan oleh pekerja industri. Pekerja industri menuntut penghasilan naik. Akibatnya harga produk industri naik. Kemudian dipakai petani dengan harga yang menjulang.
Ketika dihubung-hubungkan alur sebab-akibat itu membentuk causal loop. Atau mungkin lebih tepatnya disindir dengan ironi lingkaran setan inflasi. Siapa yang mampu menguak misteri faktor pengungkit yang bisa menjadi jurus jitu untuk mengatasi fenomena klasik di negeri ini? Entahlah.....

Artikel Terakhir