... perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am: 99)

Selasa, 09 Juni 2015

Bug Aplikasi SPJ

Mulai tahun ini Sekretariat Daerah Kabupaten Trenggalek menggunakan aplikasi surat pertanggungjawaban keuangan. Aplikasi itu biasa disebut aplikasi SPJ saja. Aplikasi tersebut ditujukan untuk mempermudah penyusunan pertanggungjawaban keuangan yang secara konvensional sering terjadi kesalahan pengetikan atau ketidakkonsistenan dari form yang satu dengan yang lain.


Namun demikian, tujuan simplifikasi itu sedikit terganggu karena masih terjadi keluhan-keluhan mengenai penggunaan aplikasi yang tidak dapat menampilkan identitas Pejabat Pengelola Keuangan misalnya. Selain itu bug juga terjadi adanya aplikasi yang crash karena digunakan keroyokan oleh beberapa bendahara pengeluaran pembantu.
Khusus untuk yang terakhir ini biasanya saya mengatasinya dengan menghentikan paksa proses melalui task manager.


  1. Caranya dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Del kemudian pilih Start Task Manager atau klik kanan Taskbar kemudian pilih Start Task Manager.
  2. Ketika keluar Task Manager, buka tab Processes, klik MSACCESS.EXE kemudian klik Kill Process.
  3. Ulangi hingga proses MSACCESS.EXE hilang semua.
  4. Setelah itu Anda bisa menggunakan aplikasi SPJ tersebut kembali.



Artikel Terakhir