... perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am: 99)

Senin, 25 Mei 2015

Baterai Komputer habis

Baterai komputer bisa habis. Baterai dimaksud sebenarnya bernama CMOS. Saya tidak tahu apa kepanjangannya. Setahu saya CMOS itu menyimpan konfigurasi perangkat yang terhubung ke motherboard dan juga informasi waktu.
Apa akibatnya jika CMOS habis daya? 
Komputer akan meminta konfigurasi setiap dihidupkan jika setelah listrik utama terhubung belum mengatur konfigurasi. Namun ada juga yang bisa melewati pengaturan ini cukup dengan menekan tombol fungsi F1. 
Setelah komputer hidup Anda akan kesulitan untuk berselancar di internet karena rata-rata memerlukan sinkronisasi waktu yang valid. Untuk kasus ini bisa diatasi dengan menyetel waktu secara manual atau sinkronisasi otomatis dari menu time and clock.
Ada alternatif lain yang bisa dilakukan, yaitu anda menjalankan perintah command prompt di bawah ini saat komputer terkoneksi ke internet.

w32tm /config /update

tunggu hingga muncul pesan "The command completed successfully."

Artikel Terakhir