... perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am: 99)

Senin, 25 Mei 2015

Otomatis menghidupkan dan mematikan komputer

Saat singgah di SMP Islam Durenan saya ditanya seorang teman. Bagaimana cara komputer bisa hidup dan mati sesuai jadwal diinginkan. Komputer tersebut dikarenakan dibutuhkan untuk aplikasi bel tanda pelajaran mengalami pergantian. Waktu itu saya tidak tahu secara pasti bagaimana cara menghidupkan dan mematikan komputer itu.
Namun saya memperkirakan bahwa agar komputer bisa hidup itu mestinya pengaturannya hanya bisa di menu BIOS yang tertanam di motherboard. Kalau untuk mematikan baru bisa dengan program atau command prompt.
Setelah itu dia menceritakan bahwa salan satu pegawai sudah menyetel komputer hidup setiap jam tertentu. Saya penasaran karena saya belum bisa. Akhirnya saya membuka menu BIOS komputer itu. Sesuai dugaan saya kalau pengaturannya ada di BIOS. Tepatnya di menu Power Management -> Wake on RTP -> Daily -> 00:00:00. Anda bisa mengikuti petunjuk memasuki menu BIOS sesaat saat komputer dihidupkan. Biasanya dengan tombol F2 atau Del.
Untuk perintah mematikan saya menggunakan command prompt yang sudah disimpan dalam bentuk batch file (file.bat) dan diletakkan di folder start up agar dijalankan saat microsoft windows terbuka. Perintah yang dijalankan adalah "shutdown -s -t "72000" /f". Angka 72000 itu dalam hitungan detik. Sehingga anda harus menghitung berapa lama komputer itu akan hidup kemudian mati.

Artikel Terakhir