... perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-An’am: 99)

Jumat, 15 Mei 2015

Bayangan Kecambah Kelapa adalah lambang Gerakan Pramuka

Sebutan tunas kelapa untuk lambang Gerakan Pramuka mungkin sudah akrab di telinga kita. Namun sadarkah Anda bahwa terdapat kesalahan penyebutan dalam mengenali lambang itu.
Kemarin saya ditawari bibit kelapa hijau oleh mertua saya untuk ditanam di pekarangan rumah orang tua. Kemudian istri saya memberikan soal tebakan untuk saya, "kelapa itu berkembang biak dengan kecambah apa tunas?"
Kemudian saya mencoba menganalogikan kecambah dengan "tunas kelapa" sebagaimana yang saya ketahui selama ini. Kecambah berasal dari biji. Demikian juga dengan bibit kelapa, bibit kelapa juga yang tumbuh adalah biji. Dengan demikian berarti kelapa itu berkecambah. Istri saya membenarkannya. Sebuah ilmu baru bagi saya.
Kebetulan juga setelah itu saya menemukan buku saku pramuka. Sudah 10 tahun saya tidak melihat buku serupa. Hik.... Kenangan masa remaja. #emang pernah remaja?

Artikel Terakhir